Go to Design --> Edit Html and find these sentences. Now replace these sentences with your own welcome message. This templates is Bloggerized by Lasantha - Premiumbloggertemplates.com. Download this template and more premium blogger templates from Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 05 Juni 2012

SEKILAS TENTANG REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Posted by Sovyan nurzaman On 02.13 No comments

Penulis menjelaskan tentang sekilas rekayasa perangkat lunak, mulai dari konsep dasar,tanggung jawab, profesional sampai etika, pokoknya info nie di jamin kumplit...
1.Konsep dasar PL dan RPL:
-Biaya PL
-Software Quality Attribute
-Standar Kualitas
-Takaran Jaminan Kualitas
-Pemahaman dasar tentang RPL
-Keberadaan RPL
2.Tanggung Jawab Profesional & Etika
3.Siklus Hidup PL ( Software Development Life Cycle)
4.Biaya Perangkat Lunak
Biaya PL sering mendominasi biaya sistem secara keseluruhan
Biaya pengadaan PL yang dipasang di komputer (PC) sering lebih besar dibanding dengan harga hardware nya (pengecualian di negara yang kurang menghargai HAKI)
Biaya terbesar untuk suatu PL terletak pada proses maintenance di banding proses pembuatannya.
Rekayasa PL, terpusat pada biaya efektif dari suatu pembangunan
Untuk PL berjenis Custom, biaya evolusi sering melebihi biaya pembangunan.
Secara umum besarnya biaya bervariasi tergantung pada tipe sistem yang dibangun dan kebutuhan sistem seperti kinerja dan kehandalan sistem.
5.Software Quality Attribute
Ciri-ciri (Atribut) Kualitas menurut lembaga penjamin PL ( ISO, IEEE, dll)
Correctness (Kebenaran)
Reliability ( tahan uji)
User Friendliness (mudah digunakan)
Maintenatibility (mudah dirawat)
Efficiency
Portability (Mudah didistribusikan)
6.Ukuran Jaminan Kualitas
Ada 3 ukuran jaminan kualitas.
1)Ukuran membangun (Contructive Measures)
Aplikasi yang konsisten pada metode di seluruh fase proses pembangunan.
Penggunaan tools yang memadai
Pembangunan PL pada basis kualitas yang tinggi di akhir tahapan.
Perawatan yang konsisten pada dokumentasi pengembangan
2)Ukuran Analitik (Analytical Measures)
Analisis program yang statis
Analisis program yang dinamis
Pemeliharaan test case yang sistematis
Pencatatan yang konsisten pada analisis Produk
3)Ukuran Organisasi ( Organisasi Measures)
Pengalaman pengembang (developer) dalam mempelajari strategi dan tehnik yang tepat dalam membangun PL.
7.Krisis Perangkat Lunak
1)Masalah yang muncul :
Estimasi jadwal dan biaya yang seringkali tidak tepat.
Produktivitas orang-orang software yang tidak dapat mengimbangi permintaan software
Kualitas software yang kurang baik
2)Kurangnya  pengetahuan tentang :
Bagaimana mengembangkan software
Bagaimana memelihara software yang ada yang berkembang dalam jumlah besar.
Bagaimana mengimbangi perminataan software yang makin besar
8.Pemahaman Rekayasa Perangkat Lunak
Merupakan disiplin ilmu pengetahuan  serta ilmu rekayasa atau tehnik yang berkaitan dengan semua aspek dalam membangun/menghasilkan sebuah perangkat lunak yang mampu :
Tepat waktu
Tepat anggaran
Meningkatkan kinerja
Mengoperasikan prosedur sistem dengan benar
RPL merupakan  teknologi yang harus digunakan oleh setiap orang yang akan membangun PL dengan melalui serangkaian proses, menggunakan sekumpulan metode dan alat bantu (tools)
Intinya  adalah bagaimana melakukan usaha supaya sebuah PL yang dibuat dapat memenuhi kriteria yang diinginkan
9.Pelaku dalam RPL
1.Manajer
Manajer Proyek, Manajer Konfigurasi, Manajer Penjamin kualitas PL, dll
Software Developer
2.Analis Sistem, Desainer, Programmer, Inspektor PL, Pengontrol Perubahan
3.Pendukung
Staf admin, Humas, Pencatat teknis, Admin database, Admin Jaringan.
10.Kode Etik Profesi
Konfidensialitas ( menghormati klien)
Tidak boleh menerima pekerjaan di luar kompetensinya.
Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)
Penyalahgunaan komputer, hack, crack, nge-game, dll.
11.Kode etik Internasional
Digagas oleh masyarakat profesional di Amerika (1999) yang tergabung dalam ACM/IEEE.
Makna yang terkandung :
Prinsip kesepakatan yang dihubungkan dengan tingkah laku dan keputusan yang dibuat oleh para ahli profesional.
Masyarakat profesional : Praktisi, pengajar, manajer, supervisor, pengambil kebijakan
Yang diatur :
Masyarakat dan kepentingannya
Klien dan atasan (Pelayanan terbaik)
Produk (Jaminan Mutu)
Manajemen
Profesi
Kolega
Diri sendiri ( ada usaha untuk mengupdate ipteknya)
12.Hubungan RPL, Ilmu Komputer & Rekasaya Sistem
Ilmu Komputer berkaitan erat dengan teori dan konsep-konsep dasar tentang komputer dan aplikasinya.
RPL berkaitan dengan praktek pembangunan PL hingga pengiriman PL ke pelanggan.
Teori ilmu komputer masih kurang memadai jika dijadikan sebagai penyangga RPL sehingga ada bahasan khusus mengenai RPL.
terima kasih gan lo dah baca semuanya bagi yang baca...semoga artikel ini bisa bermanfaat...amin



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar